Wasiat Rasulullah Sebelum Tidur


Tidur dianggap sebagai “kematian sementara”. Bahkan tak jarang pula ditemui ada orang yang tidur hingga menemui ajalnya. Karenanya penting untuk mengerjakan wasiat rasulullah SAW sebelumnya.

Menurut KH Misbahul Munir ada 4 wasiat Rasulullah SAW sebelum tidur yang sudah seharusnya dikerjakan seorang muslim. Yakni tidak tidur sebelum mengkhatamkan Al Qur’an, sebelum mendapat syafaat dari Nabi-nabi di hari kiamat, sebelum diridhoi kaum muslimin, dan sebelum melaksanakan haji dan umrah.

Mendengar wasiat tersebut ulama yang disapa Guru Misbah itu mengatakan Aisyah sempat tercengang. Sebab, seakan tak mungkin mengerjakan semua wasiat yang dilakukan setiap menjelang tidur. Dalam hadist lain diungkapkan bahwa membaca Surah Al Ikhlas sama dengan membaca sepertiga Al Qur’an. Jadi kali membaca tiga kali sama dengan khatam Al Qur’an.

Kemudian, Rasulullah SAW juga mengajarkan cara mendapatkan syafaat Nabi-nabi. Yakni, dengan membaca shalawat kepada Rasulullah SAW serta Nabi-nabi yang lain. Hal demikian menurut Guru Misbah bias dengan cara membaca shalawat ibrahimiyah atau shalawat yang biasa dibaca saat tahyat pada shalat.

Lalu Guru Misbah juga menjelaskan yang dimaksud dengan tidak tidur sebelum mendapat ridha kaum muslim itu yakni meminta maaf kepada sesama muslim. Atau dengan membaca “Astagfirullaha li Walil Mu’minina wal Mu’minat”.

Dan terakhir yang dimaksud dengan mengerjakan haji dan umrah itu dengan cara membaca tasbih “Subhanallah wa Hamdulillah wa Lailahaillah wa Allahu Akbar”. Sebab, pahala yang didapat orang membaca tasbih sama dengan mengerjakan haji dan umrah.

~ 0 komentar: ~

~ Posting Komentar ~

- salam kenal bro -

+

About Me

Foto Saya
Andripm a.k.a Kopral
Banjarmasin, South Borneo, Indonesia
© hanya sebuah dokumentasi | uoıʇɐʇuǝɯnɔop
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.