Nyimpen Kamera/Lensa/Aksesori ala Kanker (Kantong Mahasiswa)


Sedikit sharing nih fren biar kamera/lensa/aksesoris lainnya yang kita sayangi ga di makan jamur dan awet ampe tua (buat anak cucu), tapi pake cara yang sederhana ajah yah biar ga banyak ongkos (buat kantong mahasiswa khususnya). Untuk merawat kamera tidak perlu sampai harus membeli lemari penyimpanan khusus (drybox) yang harganya bikin kanker (kantong kering), saya mencoba memaparkan sedikit tips atau tata cara penyimpanan yang baik dan bener :
  1. Kamera dibongkar setiap kali habis hunting / dipakai dan dibersihkan satu persatu dari debu, minyak, air, keringat, dan lain-lain (maksudnya dibongkar disini ngelepasin lensa dan aksesoris-aksesoris lainnya dari body kamera, termasuk juga baterry).
  2. Jangan pernah menyimpan kamera bercampur ama baju / pakaian. Hal ini karena biasanya suasana tempat penyimpanan baju lembab dan juga biasanya lemari baju ditaruh Kapur Barus yg uapnya dapat merusak lensa.
  3. Pilih penyimpanan kamera di ruangan yg ber AC (AirConditioner). Hal ini karena AC menyebabkan kelembaban ruangan tersebut turun serta membuat kulit kita jadi keliatan seger dan awet muda (nah lo out of topik,hihihi).
  4. Pergunakan container yg tahan air seperti Tapperware untuk penyimpanan kamera. (Test uji kebocoran kalau perlu).
  5. Beli Silica Gel yang literan / kiloan di Toko Kimia atau yang ga ada yang jual didaerahnya boleh beli di Bursa FN (klik disini). Warna aktif adalah biru dan warna jenuh adalah merah muda. Tempatkan silica gel ini kedalam tempat film 35mm yg sudah tidak terpakai dengan terlebih dahulu membuat lobang pernapasan secukupnya di tempat tersebut (pake bekas kotak sabun boleh juga). Maksudnya agar silica gel dgn aktif dapat menyaring butiran air yg ada di dalam udara container tsb.
  6. Bila sudah jenuh, silica gel dapat dipanggang diatas kompor gas guna memaksa butiran air menguap (disarankan jangan menggoreng barengan ama Ibu/Nyokap/isteri yang juga lagi masak yah, takutnya salah saji ntar). Silica gel yg telah aktif akan kembali berwarna biru gelap. Tunggu sampai dingin dan masukkan kembali kedalam tempatnya.
  7. Lakukan memanggang silica gel ini setiap kali warna telah berubah menjadi dominant merah muda (Kira kira 2 bulan sekali tergantung jumlah silicagel yg ada). Proses ini bisa dilakukan sampai puluhan kali tanpa mengurangi kualitas daya serap. lebih baik lagi beli yang baru.
semoga bermanfaat. I Love FN,,ciiieeeeeeeeeh..!!!

sumber (fotografer.Net)

~ 1 komentar: ~

Anonim
at: 3 Februari 2009 01.12 mengatakan...

thanks a lot..

~ Posting Komentar ~

- salam kenal bro -

+

About Me

Foto Saya
Andripm a.k.a Kopral
Banjarmasin, South Borneo, Indonesia
© hanya sebuah dokumentasi | uoıʇɐʇuǝɯnɔop
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.